2016-06-19

Cara Membuat Blog Gratis Dengan Blogspot Terbaru Dan Dasar Dasar Blogger



Asalamu'alaikum Wr Wb.

          Pada kesempatan kali ini saya akan memposting sebuah artikel yang berjudul "Cara Membuat Blog Gratis Dengan Blogspot Terbaru" mungkin sudah banyak yang bisa mendaftar blog dengan blogspot ini karena cara daftarnya pun terbilang sangat mudah terutama bagi yang masih pemula dengan blog, tetapi tidak hanya itu saja, saya sendiri juga akan menjelaskan dasar-dasar blogging dalam artikel ini agar anda sekalian bisa dengan mudah berinteraksi dengan blogspot/blogger.


          Sebelum kita mulai tentang cara membuat blog ini lebih baik kita ulas terlebih dahulu, sebenarnya apa sih blog itu?. Dalam sebuah pengertian, blog adalah sebuah web log yang berisi berbagai macam artikel artikel yang disajikan dalam bentuk web tidak hanya itu saja blog juga dapat berisi bermacam macam file yang bisa dapat di download oleh seorang penjelajah internet. Menurut wikipedia indonesia blog adalah singkatan dari web log yang merupakan sebuah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan yang sudah diposting/di publish pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002.

           Kita mungkin sering mengunjungi sebuah blog dengan berbagai macam artikel yang disediakan blog tersebut dan pernahkah terlintas di benak anda, anda ingin membuat blog? mungkin ingin membuat blog hanya sekedar ingin menulis saja, atau ingin membagikan informasi atau bahkan ingin meraup penghasilan dari blog, tapi apakah anda pernah bertanya membuat blog itu gratis atau berbayar sih? sebenarnya banyak situs penyedia pembuatan blog yang gratis terutama blogger ini. dan kita paling hanya perlu mengeluarkan modal untuk membeli hosting saja agar blog kita terlihat profesional, bukan hanya itu saja kini para blogger indonesia sudah banyak yang meraup penghasilan dari blognya bahkan sampai berjuta-juta, tentunya dengan perjuangan yang keras dengan memosting artikel-artikel yang berbobot dan bermanfaat, juga menjadikan blog nya responsif seperti desain logo, template dll. Maka dari itu saya ingin membagikan bagaimana sih cara membuat blog dengan gratis? Berikut ulasannya:


BACA JUGA : [Cara Ampuh Mengatasi Postingan Yang Hanya Tampil Satu Di Home Page Blog]


          Pada tutorial kali ini saya akan menggunakan blogger sebagai media pendaftarannya, karena blogger terbilang yang paling populer dibandingkan dengan situs penyedia blog lainya, Baiklah kalau begitu mari kita mulai:

  1. Membuat akun Gmail(Google Mail)

    Langkah pertama dalam membuat sebuah blog yaitu dengan membuat sebuah akun gmail, tetapi jika anda sudah memiliki akun gmail, anda bisa melewati langkah ini.

    1. Pertama silahkan kunjungi www.gmail.com
    2. Kemudian silahkan klik Sign Up
    3. Setelah tampilan sign up terbuka silahkan isikan data diri anda. (mulai dari menentukan nama, menentukan alamat email, password, dll)
    4. Klik i agree, dan klik buat akun
    5. Tunggu sms kode verifikasi dari pihak google, dan kemudian masukan kode verifikasi tersebut ke dalam form verifikasi dan klik Verifikasi.
    6. Selamat akun Gmail anda sudah terbuat.
     
  2. Memulai untuk membuat blog

    Setelah anda memiliki sebuah akun gmail, sekarang saat nya bagi anda untuk mendaftar blog.

    1.  Langkah pertama silahkan anda login di www.blogger.com (isikan email gmail anda dan password gmail anda.)
    2. Setelah anda login di blogger silhkan anda klik tombol tambahkan pada bagian kiri atas.


    3. Kemudian isi lah data datanya:
      Keterangan:
      1. Judul Blog anda, usahakan judul ada kaitannya dengan artikel yang anda posting.
      2. Alamat blog anda, misal contoh.blogspot.com
      3. Pilih template blog yang anda suka.
      4. Jika semua sudah siap, klik Buat blog! 
    4. Selamat! Blog anda kini telah terbuat. untuk mengeceknya silahkan anda klik Lihat Blog.
  3. Memulai untuk memosting/membuat artikel

    Memposting sebuah artikel adalah sebuah kewajiban bagi para blogger untuk memakmurkan blognya. Untuk apa mempunyai blog tetapi tidak ada isinya, ini sama saja seperti rumah yang tidak ada penghuninya maka tidak ada juga pengunjungnya. Berikut cara memulai untuk memposting sebuah artikel:

    1. Pertama silahkan anda klik button berwarna orange ini(gambar pensil):
       
    2. Setelah itu akan tampil tampilan seperti di bawah ini:
       
            Keterangan:
      1. Judul Postingan
        Tentukan judul postingan artikel anda dengan mengisikan di form judul ini, usahakan judul harus terkait dengan artikel yang anda tulis.
      2. Menu Compose dan HTML
        Menu ini adalah menu pengeditan artikel, yang dimana Compose akan mengedit artikel di lembar biasa sedangkan HTML akan mengedit artikel dalam bentuk HTML
      3. Menu Option Bar
        Menu ini digunakan untuk mengatur/menyetting artikel yang akan kita posting, mulai dari warna huruf, gambar, link, format teks, dll.
      4. Compose Bar
        Menu ini adalah menu dimana artikel ditulis atau bisa disebut tempat sebuah isi artikel.
      5. Menu ini menyediakan beberapa tombol, seperti Publikasikan, publikasikan akan mempublikasikan postingan anda ke dalam blog. Simpan, simpan akan menyimpan postingan anda sebagai draft bukan sebagai postingan. Pratinjau, pratinjau akan memperlihatkan bagaimana tampilan artikel yang sedang kita buat. Tutup, berfungsi untuk menutup artikel yang sedang kita buat.
      6. Setelan Entri
        Menu ini berfungsi untuk menyetel/mengatur postingan kita seperti menentukan label, jadwal postingan, lokasi dll.
    3.  Setelah anda paham beberapa tombol tombol di atas, sekarang anda bisa memposting sebuah artikel. Berikut tips tips dalam memosting sebuah artikel:
      1. Judul harus terkait dengan artikel.
      2. Pemberian judul jangan terlalu singkat.
      3. Usahakan menulis artikel yang berbobot seperti memiliki 1000 - 3000 suku kata.
      4. Diberikan gambar cover dan gambar penjelas.
      5. Perhatikan paragraf dan besar kecilnya huruf.
      6. Tentukan label dan jadwal postingan yang sesuai.
  4. Dasar Dasar Blogger

    Banyak para blogger zaman sekarang mengabaikan dasar dasar blogger, padahal dasar dasar blogger merupakan hal yang mendasar yang harus tertanam di jiwa para blogger. Ada pepatah yang mengatakan bahwa untuk mempelajari suatu hal maka harus mempelajari dasar dasar nya terlebih dahulu, karena dasar adalah sebuah pondasi dari sebuah pembelajaran. Maka dari itu mari kita belajar dasar dasar blogger.

    1. Menu G+(Google Plus)
      Blogger pasti menyediakan menu google plus karena blogger adalah anak emas dari Google dan cara pendaftarannya menggunakan google mail, maka dari itu, tidak heran blogger menyediakan fitur ini. Blogger menampilkan menu google plus di sebelah kanan atas tampilan home blogger. Lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini:


            Keterangan:
      1. Tombol pertama adalah tombol fitur-fitur google seperti: Pencarian, Foto, Maps dll. lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini:
      2. Tombol kedua merupakan tombol notifikasi/pemberitahuan dari google plus anda.
      3.  Tombol ketiga merupakan tombol profil google plus anda, anda pun bisa mengunjungi google plus dengan tombol tersebut.
       
    2. Menu Settingan Blogger
      Menu Settingan blogger ini befungsi untuk mengatur settingan bahasa pada tampilan blogger dll, juga tampilan ini menyediakan Bantuan Blogger, Mengajukan keluhan kepada blogger, Mengedit Setelan Pengguna dll.
    3. Tombol Blog Baru
      Tombol ini berfungsi untuk membuat blog baru lainya, misalnya anda ingin membuat blog lebih dari 1 maka tombol ini jalan pintasnya.
    4. Tombol Navigasi

            Keterangan:
      1. Tombol ini berfungsi untuk memulai menulis sebuah artikel, jika anda ingin segera menulis sebuah artikel silahkan klik tombol ini.
      2. Tombol ini berfungsi untuk melihat beberapa post yang sudah pernah anda posting.
      3. Tombol panah kecil ini adalah tombol navigasi, yang berisi:
        1. Ikhtisar
          Berisi berbagai macam keperluan keperluan blog, seperti penayangan blog, pembaruan blog, berita blogger, panduan blogger, sistem keuangan dll.
        2. Pos
          Berisi berbagai macam postingan blog yang pernah anda posting, dan kita juga bisa mengedit postingan tersebut.
        3. Laman
          Berisi laman laman yang bisa kita buat, laman ini mirip artikel pos tetapi laman jika di publikasikan tidak akan tampil langsung dalam blog, untuk menampilkannya anda harus menautkan hyperlink dengan link laman tersebut.
        4. Komentar
          Berisi berbgai macam komentar-komentar dari pengunjung blog, dan komentar anda sendiri.
        5. Statistik
          Sama seperti ikhtisar tetapi lebih detail, seperti sumber lalu lintas yang di lalu untuk mengunjungi blog anda, postingan, pemirsa yang mengunjungi blog anda dari seluruh dunia.
        6. Kampanye
          Berfungsi untuk mempromosikan blog anda dengan memperbanyak pemirsa dengan memasang iklan dengan Google AdWords.
        7. Tata Letak
          Berisi susunan tata letak blog anda, tata letak ini disesuaikan dengan template blog anda, anda pun bisa menambah atau mengedit tata letak. 
        8. Template
          Berisi setelan template anda, anda bisa merubah template blog anda disini, atau anda bisa mengedit template blog anda dengan mengedit script template blog anda.
        9. Setelan
          Berisi setelan blog anda, seperti setelan judul blog, alamat blog, url pihak ketiga, pengaturan blog dll. Anda pun bisa mengubah pengaturan blog disini sesuka anda.
    5. Tombol Tambahkan
      Tombol tambahkan berfungsi untuk menambahkan blog yang kita sukai atau bisa dibilang mengikuti blog yang kita sukai. misal anda menyukai blog Ngelmu Tekno ini, maka jika anda menambahkan blog Ngelmu Tekno ini otomatis anda akan mendapatkan update'an postingan terbaru dari blog Ngelmu Tekno.






    Yup, itu saja yang bisa saya sampaikan pada artikel "Cara Membuat Blog Gratis Dengan Blogspot Terbaru" semoga dengan saya menulis artikel ini bisa bermanfaat bagi anda semua yang ingin mendalami ilmu ngeblogging. Sekian dari Saya,

    Wasalamu'alaikum Wr Wb.

    Salam Ngelmu Tekno.
Load disqus comments

0 komentar