2016-06-10

Mengatasi Virus Shortcut Pada Komputer, Flashdisk dll.



          Sebelum kita masuk ke inti artikel ini sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu virus. Virus merupakan sebuah program yang menginfeksi berbagai macam data atau sistem komputer sehingga sistem komputer itu tidak bisa digunakan sewajarnya atau bisa dibilang tidak bisa terkontrol oleh kita sendiri.


          Virus shortcut merupakan sebuah virus yang meng super hidden data data yang ada di dalam komputer maupun berbagai macam jenis disk. Virus ini sering kita jumpai di berbagai perangkat, seperti flashdisk, harddisk komputer dan berbagai macam jenis disk. Virus ini sering disebut sebagai virus sejuta umat karena ketersebarannya yang begitu luas di dunia IT. Tentu hal ini sangat mengganggu bagi kita karena terhiddennya data data penting kita.

          Cara kerja dari virus shortcut ini yaitu dengan mengubah attribut file menjadi super hidden, kemudian virus itu akan membuat duplicate file tersebut ke bentuk shortcut. Sebenarnya pembasmian virus shortcut ini sangatlah gampang bagi pemula, maka dari itu simaklah baik baik langkah langkah yang akan saya jelaskan di bawah ini

          Dalam artikel ini saya akan membagikan cara Mengatasi Virus Shortcut Pada Komputer, Flashdisk dll. Artikel ini menyediakan berbagai macam cara untuk mengatasi masalah ini dan Insya Allah jika anda mengikuti langkah-langkah dibawah ini anda bisa terbebas dari virus shortcut ini.
Berikuti solusi solusinya:


  1. Mengubah Settingan Folder Windows Explorer

              Cara ini sering sekali dilakukan oleh para pecinta GUI yaitu dengan memilih "Show hidden files" dan mengunceklist Hidden file pada settingannya.
    Berikut langkah-langkahnya:


    1). Buka control panel anda, atau bisa menggunakan "Windows+R" secara bersamaan, kemudian ketikan "control panel" tanpa tanda kutip.
    2). Setelah control panel terbuka, pilih pada "Appearance and Personalization" kemudian klik File Explorer Options maka akan tampil seperti gambar berikut:

    3). Lalu pilih tab View, dan settinglah seperti gambar berikut:

    4). Setelah itu klik OK.
    5). Kemudian bukalah direktori yang terkena virus shortcut misal G:
    6). Maka file file virus akan tampak.
    7). Hapuslah file virus tadi secara permanent dengan menekan tombol "Shift+Del".
    8). Kembalikan pengaturan folder options tadi dengan menceklist lagi Hidden. Tujuannya yaitu untuk mecegah kehilangan file-file system yang tidak sengaja.

     
  2. Menggunakan CMD (Command Prompt) 
              
                    Cara ini merupakan cara yang paling mudah dan gampang yang sangat disukai oleh pecintai CLI. Cara ini hanya menuliskan source kode singkat di dalam CMD.
    Langkah-langkahnya yaitu:

    1). Bukalah Command Prompt anda dengan klik start cari “Command Prompt” atau bisa menggunakan “Windows+R” secara bersamaan  dan ketikan cmd.
    2). Setelah CMD terbuka kita harus tahu dahulu drive mana yang terkena virus shortcut tersebut misal J: kemudian tulislah source kode berikut “ J:” lalu tekan enter dan ketikan source kode ini dibawahnya “attrib -r -s -h /s /d *.*” tanpa tanda kutip dan tekan enter. Kurang lebihnya seperti gambar berikut:


     
    3). Lalu close CMD anda dan cek di drive J: maka akan ada folder tanpa nama(blank), disitulah tempat file file kita yang telah terhidden.
     
  3. Menggunakan Antivirus

              Cara yang ketiga yaitu dengan menggunakan antivirus, saya sarankan jika anda menggunakan antivirus, gunakanlah antivirus yang lebih terjamin seperti Avast, Avira, Esset dll. Cara yang ketiga ini terbilang cara yang sangat mudah karena kita hanya perlu men scan drive yang telah terkena virus shortcut. Cara nya yaitu:
    1). Bukalah antivirus anda misal Avast.
    2). Kemudian klik tab Pemindaian.
    3). Pilih drive yang akan dipindai.
    4). Jika ingin memindai semua drive klik semua drive.
    5). Dan klik Pindai.
    6). Tunggu proses sampai selesai.

              Mudah bukan? memang cara yang ketiga ini adalah cara yang paling simpel. Selain itu masih ada beberapa cara lagi selain 3 metode diatas ini. Berikut tips menjaga komputer dari virus shortcut:

    1. Selalu rutin menscan semua direktori dengan antivirus

                Cara ini harus kita tanamkan pada diri kita untuk mencegah masuknya virus shortcut ke komputer kita, memang cara ini sering di lupakan oleh para user di dunia IT, karena proses scanning nya yang begitu lama, namun begitu tanamkanlah cara ini mulai dari sekarang, karena tidak hanya mencegah virus shortcut saja namun cara ini bisa mencegah berbagai macam virus.
    2. Memasang antivirus web

                Memasang antivirus web atau internet security memang sangat dianjurkan bagi para penjelajah internet, karena virus banyak sekali sumbernya yaitu dari internet. Misal sebuah web menyediakan sebuah link download tetapi dibalik link download itu telah tersisip virus trojan, malware dan sebgainya, tentu kita harus sangat hati hati dalam mendownload file di internet, hal yang perlu kita lakukan adalah mengawasi apakah file yang di download dari web terpercaya atau tidak dan juga memasang internet security.
    3. Menscan USB flashdisk ketika akan bertukar data

                Cara ini juga perlu diperhatikan dalam pertukaran data karena virus shortcut banyak sekali yang menyebar di flashdisk dan tentunya bisa menginfeksi direktori kita. Agar kita aman dalam pertukaran data sebaiknya kita pilih pilihan scan ketika ada antivirus yang mencoba memberikan anda pilihan.
    4. Selalu rajin membersihkan junk files

                Junk files adalah file sampah yang ada di komputer kita yang tentu sudah tidak berguna dan cara ini sangat penting dilakukan. Cara melakukannya yaitu dengan cara pergi ke program bawaan Disk Cleanup pada komputer anda.
    5. Menghindari penginstalan aplikasi yang tidak didukung sumber terpercaya.

                Terkadang banyak sekali aplikasi-aplikasi yang bersumber dari media yang tak dipercaya dan aplikasi yang bagi kita itu mustahil misal ada situs abal abal yang menyediakan Software A terbaru mendahului versi resminya, ini perlu di hindari karena kemungkinan besar software yang di post kan tersebut adalah sebuah virus untuk mengelabuhi kita.
    6. Menetapkan password pada komputer kita

                Terkadang banyak sekali komputer atau laptop yang belum di password hal ini sangat berbahaya karena bisa jadi ada seorang yang mencoba mengakses laptop kita dan menyebarkan virus di dalamnya. Misal jika kita berada di sebuah jaringan besar kemungkinan besar jika laptop kita belum di password maka seseorang akan dengan mudah mengakses, menyebar virus, bahkan mengontrol laptop kita sendiri.


    Ya, mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi anda anda yang baru baru ini laptop terkena virus shortcut maupun yang lain. Saya harap dengan saya menulis artikel ini bisa membantu anda anda sekalian, terima kasih juga telah membaca artikel ini. Sekian dari saya Wasalamu'alaikum Wr Wb.
Load disqus comments

0 komentar